Apa itu Tip Burn atau Gosong Pucuk Daun

Beberapa waktu lalu dari sahabat MHI ada yang menanyakan masalah pohon pepayanya karena terlihat pupus daun seperti terbakar setelah Kocor Buah.  Kenapa itu bisa terjadi ?

Gambar :  Tip Burn daun Pepaya & Tomat

Gosong pada tepi daun biasa terjadi saat kelembaban nisbi atau relative humidity (RH) < 70%, yaitu kondisi kandungan air di udara rendah, Itu adalah Tip Burn.

Pada RH rendah <70%, penguapan atau evapo traspirasi terjadi sangat cepat, jika tidak diimbangi oleh pasokan air dari akar maka tanaman akan layu karena kekurangan air.

Air diserap oleh akar kemudian diangkut keseluruh bagian tanaman hingga ke ujung dan tepi daun melalui pembuluh xilem. Pada bagian tepi daun terdapat bagian hidatoda yang berfungsi sebagai penyaring, menahan hara agar tidak keluar namun air dapat keluar bebas.

Jika konsentrasi hara yang tertahan di tepi daun tersebut semakin tinggi, maka akan terjadi plasmolisis, yaitu lepasnya ikatan sitoplasma dari dinding sel. Akibatnya sel mengkerut, mati dan berubah menjadi hitam. Hidatoda yang berada ditepi daun dan menghitam tersebut disebut tip burn.

Solusi untuk mengatasi Tip Burn adalah :

  • Karena dalam tanah memiliki kadar mikroorganisme yang kurang mumpuni, sehingga aplikasikan PGPR sesuai SOP MHI
  • Jangan langsung memberikan Kocor Buah, tapi masukkan Sableng dulu setidaknya 1x lalu selanjutnya Kocor Buah 3x dalam 1 bulan (cek SOP pepaya). Karena Sableng tanaman untuk memenuhi kemampuan mencari dan menyimpan air.
  • Semprot Pupuk Daun dosis 300-400ml per 20 liter air secara merata pada pagi hari

Berbagi Informasi Menarik

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon