Apakah Abu Bakaran Bisa Menaikan PH tanah?

Sebagian dari kita sudah menjadi kebiasaan apabila setelah panen padi sisa jerami di lahan akan dibakar, dan ada dengan sengaja memberikan abu bakaran atau  arang sekam di lahan sawah atau lahan bedengan dengan maksud untuk menetralkan ph tanah atau sebagai pupuk dasar organik.




Nah biar kita lebih paham tentang apa sih kandungan dan manfaat abu bakaran itu ? saya akan merangkum beberapa point yang sempat dibahas di Metode Hayati tentang kelebihan dan kekurangan penggunaan abu bakaran.

Kandungan Abu Bakaran

  • Pertama : Dalam abu kabaran memiliki kandungan kation Kalium (K), Kalsium(Ca), Magnesuim (Mg), dan Silika(Si). 
  • Kedua : Pada umumnya, di tanah masam Phospate (P) teikat oleh Alumunium (Al) dan Besi(Fe). Sedangkan di tanah basa, Phospate (P) biasanya terikat oleh Kalsium (Ca) dan Magnesuim(Mg).


Efek Penggunaan 
  • Mengakibatkan Phospate porosi ke tanah lapisan tengah dan meninggalkan unsur Nitrogen terlalu banyak ditanah lapisan atas dan akibatnya rendemen hasil panen menurun.
  • Lahan memiliki kadar Nitrogen dan Kalium cukup banyak tetapi miskin Phospate. Tetapi untuk budidaya tebu justru ini bagus, karena tebu tidak telalu butuh phospate
  • Jika untuk usia pembibitan, memakai bakaran ini (seperti abu sekam dll) sangat dianjurkan. tetapi jika untuk budidaya tidak disarankan
  • Masa vegetatif bagus tetapi saat generatif mengecewakan

Jadi : 
  • Jika kita memberikan abu bakaran tersebut, pada tanah masam memang benar tanah akan terbantu menjadi netral karena sifat abu bakaaran yang basa (karena ada kandungan Ca dan Mg), tetapi resikonya adalah unsur phospate dalam tanah akan terikat oleh unsur kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg)
  • Abu bakaran lebih cocok untuk usaha pembiitan, bukan untuk disebar di lahan
  • Daripada memberikan abu bakaran pada lahan, fokus pada pemberian Asam Amino saja
Jika yang diharapkan adalah penetralan lahan, jadilah petani cerdas. jangan hanya kerja untuk menetralkan lahan saat ini saja, gunakan kemampuan para mikroorganisme ini untuk membantu reklamasi lahan anda. Di MHI sudah ada PDH 01/02, Lihat saja perbedaan tanah Anda sejak awal PDH Metode Hayati hingga tanam-tanam selanjutnya.

Berbagi Informasi Menarik

2 komentar

Apakah dampak pemberian abu bakar pada tanaman hias

Apakah abu pembakaran dari hasil pembakaran rumput2an bisa mensuburkan tanaman pinang?

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon